Penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Mandiri
(UMM) pada Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu
Kesehatan UIN Alauddin Makassar adalah jalur penerimaan mandiri yang
dilaksanakan oleh UIN Alauddin. Waktu pendaftaran mengikuti waktu pendaftaran
jalur penerimaan UMM pada umumnya sebagaimana yang ada di website resmi UIN
Alauddin Makassar.
Khusus untuk Prodi Pendidikan Dokter, jalur UMM
terdiri dari 3 jalur yaitu :
- JALUR
AFIRMASI EKONOMI : Jalur afirmasi
ekonomi diperuntukkan untuk masyarakat yang berasal dari keluarga tidak mampu.
- JALUR
AFIRMASI AGAMA : Jalur afirmasi
agama diperuntukkan bagi penghafal Al- Qur’an 30 Juz.
BAGI
PENDAFTAR JALUR AFIRMASI EKONOMI DAN JALUR AFIRMASI AGAMA YANG DINYATAKAN LULUS
TES TIDAK DIKENAKAN BIAYA KULIAH ATAU GRATIS/BEBAS DARI PEMBAYARAN UKT/SPP
(SESUAI SYARAT-SYARAT YANG DITETAPKAN)
PROSES PENDAFTARAN SEBAGAI BERIKUT :
- MENGISI FORMULIR ONLINE YANG ADA PADA HALAMAN RESMI WEBSITE UINAM www.uin-alauddin.ac.id
- MENGIRIMKAN KELENGKAPAN BERKAS MELALUI EMAIL kedokteran@uin-alauddin.ac.id
paling lambat tgl Kamis, 19 juli 2018
- MENGIKUTI UJIAN TULIS (TAHAP I) TANGGAL
15 JULI 2018.
- MENGIKUTI UJIAN / SELEKSI KHUSUS TAHAP II BAGI YANG DINYATAKAN TELAH
LULUS SELEKSI UJIAN TULIS (TAHAP I).
- WAKTU PEMBAYARAN SELEKSI KHUSUS (TAHAP II) TANGGAL 26, 27 dan 30 JULI 2018.
- JADWAL SELEKSI UJIAN KHUSUS (TAHAP II) TANGGAL 1 s.d 3 AGUSTUS 2018.
- PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI TAHAP II TANGGAL 7 AGUSTUS 2018.
- PENDAFTARAN ULANG TANGGAL 8 s.d 13 AGUSTUS 2018.
PERSYARATAN SEBAGAI BERIKUT :
- Persyaratan umum adalah: (a) Lulusan SMA/Ponpes/Madrasah Aliyah Jurusan IPA (b) Memiliki prestasi akademik yang baik (rangking 1 sampai 5) dalam kelas (c) Nilai rapor rata-rata minimal 7,5 tiap semester (mulai semester 1 sampai dengan semester 5
- Mengirimkan berkas pendaftaran dalam format PDF, disatukan dalam satu folder rar/zip., tiap berkas diberi judul (contoh : file rapor diberi judul “RAPOR”). Berkas discan lalu dikirimkan melalui email: kedokteran@uin-alauddin.ac.id yang terdiri dari: (a) Surat rekomendasi Bupati/Kepala Daerah/Walikota,dsb (Khusus Bagi Pendaftar Afirmasi Geografis) (b) Ijazah (bagi lulusan tahun 2017) atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal (bagi lulusan tahun 2018 yang belum menerima ijazah) (c) Nilai rapor mulai dari kelas X, XI, dan XII semester ganjil dan genap (d) Sertifikat prestasi lain (bila ada) (e) Sertifikat hafalan Al Qur’an 30 Juz (khusus bagi afirmasi agama) (f) Surat keterangan TIDAK MAMPU dari RT/RW setempat dan foto rumah/panti asuhan yang dihuni (khusus afirmasi ekonomi), bagi pendaftar afirmasi ekonomi akan dilakukan survey khusus.