Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Melaksanakan Surveilans Akreditasi

  • 22 Juni 2021
  • 05:04 WITA
  • Administrator
  • Berita

pspd.online - Meskipun memerlukan konsentrasi penuh, sejak pagi hingga menjelang magrib, jajaran civitas akademika Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Alauddin Makassar tampak tetap antusias dalam menanggapi pertanyaan dan permintaan klarifikasi dari Asesor Lampt-kes dalam proses kegiatan Asesmen Lapangan Daring (ALD) Surveilans Akreditasi, Selasa, 22 Juni 2021.

Mengantar pelaksanaan kegiatan ALD ini, Dekan FKIK, Dr.dr. Syatirah, Sp.A.,M.Kes, menyatakan bahwa ALD ini hendaknya dijadikan wahana bagi prodi untuk melakukan instrospeksi diri, terus berbenah dan memperbaiki diri dalam upaya memberikan pelayanan bermutu sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten.

Senada dengan Dekan FKIK, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof.Dr.H.Hamdan Juhanis, M.A. dalam sambutannya, juga menitipkan harapan, kiranya proses asesmen ini dapat memacu semangat untuk berbenah diri. Kehadiran asesor, lanjut Rektor, merupakan kesempatan yang baik untuk menerima koreksi, masukan dan saran demi perbaikan mutu pendidikan kedokteran di Kota Makassar, terkhusus pada Kedokteran UIN Alauddin Makassar. 

Kegiatan ALD dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom melibatkan petinggi tingkat universitas, fakultas, prodi, dosen, tendik dan mahasiswa pada Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Alauddin Makassar. 

Persiapan menghadapi kegiatan ALD ini sudah berlangsung cukup lama dan matang, sehingga para penanggung jawab borang tidak menemui kesulitan berarti dalam merespon pertanyaan dan permintaan klarifikasi Asesor Lampt-kes, dr.Agussalim Bukhari, M.Clin.Med.Sp.GK(K), Ph.D.

Berdasarkan hasil asesmen, diantara aspek yang direkomendasikan oleh asesor adalah penguatan diseminasi indikator peradaban Islam pada segenap civitas akademika dan stakeholder, rekrutmen pakar medical education unit, dan peningkatan jumlah publikasi jurnal internasional bereputas. Rekomendasi tersebut sangat mendukung persiapan menuju reakreditasi Prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter FKIK UIN Alauddin yang direncanakan dilaksanakan pada tahun ini. (Makassar, Ketua Borang , Dr.dr.Rosdianah,M.Kes)