TANGGAP COVID 19 : PSPD distribusikan Masker dan banner Edukatif ke Masyarakat

  • 12 April 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

    Covid-19 telah menjadi isu global yang meresahkan dan membuat panik hampir seluruh masyarakat dunia. Penyakit ini telah menyita perhatian seluruh lapisan masyarakat karena virulensi, morbiditas dan mortalitas yang ditimbulkannya. Penyebaran Covid-19 yang sangat cepat membutuhkan kewaspaadan dan pencegahan dari masyarakat. Masyarakat harus mendapatkan informasi yang benar dan tepat terkait bahaya dan cara mengatasi penyebaran penyakit ini. 
     Olehnya itu Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (PSPD FKIK) UIN Alauddin Makasar, yang sejak berdirinya telah berkomitmen untuk berkonstribusi dalam pemenuhan kesehatan masyarakat dan juga sebagai bentuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian masyarakat melaksanakan kegiatan bakti sosial untuk bersama masyarakat mengatasi permasalahan kesehatan terkait peyebaran dan pencegahan virus corona dalam bentuk pembagian masker dan banner edukatif tentang pencegahan Virus Corona ke kelompok masyarakat yang karena harus melaksanakan tugas terpaksa keluar rumah dan tentu saja memiliki risiko terpapar lebih besar. Kegiatan pengabdian masyarakat PSPD FKIK UIN Alauddin Makassar ini diketuai oleh Dr.dr.Rosdianah, M.Kes dengan sasaran masyarakat dalam dan luar kampus. Masyarakat kampus yakni : petugas keamanan (satpam) dan cleaning service serta staf yang perlu masuk kantor. Sedangkan masyarakat luar kampus, yang menjadi sasaran kegiatan adalah para pengurus mesjid yang tersebar di kota Makassar dan Kab. Gowa serta para penjual di pasar tradisional.  
    Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 10 April 2020, dan telah menyalurkan kurang lebih 600 buah masker dan 28 banner edukatif. Alhamdulillah, kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan sambutan yang baik dari pihak Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas dan khususnya masyarakat luas yang terkena dampak paling besar karena COVID19 ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat dan memberi sumbangsih dalam penanganan COVID19. Yakinlah bersama kita bisa. Dan pada akhirnya, hanya kepada Allah lah kita memasrahkan semuanya,semoga ujian ini cepat berlalu.Amiin..Wassalam