Hadapi pandemik COVID-19: Mahasiswa Kedokteran UIN Alauddin Beraksi

  • 20 April 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pandemik Covid-19 menjadi isu yang telah menggelisahkan seluruh dunia. Semua lapisan lini masyarakat berbondong-bondong dan bahu membahu mengambil peran dalam mengatasi pandemik ini.  Para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam menangani pasien yang terduga ataupun sudah terinfeksi COVID-19 diperhadapkan dengan kondisi persediaan “Alat proteksi diri dan penunjang lainnya” yang semakin menipis.  Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat menghawatirkan dan membahayakan bagi teman-teman tenaga kesehatan. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Jurusan Kedokteran periode 2020-2021 melalui crisis center yang dinaungi langsung oleh Divisi Pengembangan Masyarakat mengadakan penggalangan dana dan kegiatan-kegiatan sebagai bentuk tanggap dan kepekaan terhadap masalah ini.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Kedokteran periode 2020-2021  mengajak teman-teman mahasiswa, civitas akademika Pendidikan Kedokteran dan masyarakat untuk berdonasi, dengan memberikan beragam alat perlindungan diri untuk tim medis, handsanitizer, sembako, ataupun dalam bentuk rupiah. Hal ini bukan hanya perkara nominal, namun ini merupakan bukti bahwa solidaritas kita semua untuk tim medis di Indonesia yang telah menjadi lini terdepan dalam memerangi pandemik ini.

Sabtu, 18 April 2020 pukul 13.00 WITA, HMJ Kedokteran yang diwakili oleh Wakil Internal dan Wakil Eksternal yakni Muh. Ulyl Nurdin  dan ditemani dosen Program Studi Pendidikan Dokter telah menyerahkan bantuan yang telah di sumbangkan melalui crisis center HMJ Kedokteran. Bantuan tersebut berupa masker N95 dan Masker kain. Aksi HMJ Kedokteran ini terdiri atas 2 kegiatan yakni pertama; penyerahan bantuan APD berupa masker N95 ke RS Sayang Bunda diterima langsung oleh dr. Iip Larasati selaku Direktur RS Sayang Bunda dan kedua yaitu pembagian masker sebanyak 500 lembar kepada masyarakat yang melintas disekitar lampu merah Jln.Boulevard.” 

Semoga donasi ini bermanfaat dan bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Sebagaimana di katakan dalam Q.S Al-Hujarat ayat 10 : 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.